Surat, yang nggak akan pernah dikirimkan..


"bagaimanapun, ibu selalu bisa melihat apa yang tak mampu kita perlihatkan padanya dan juga bisa mendengar apa yang tak mampu kita ucapkan untuknya, binar dan ucapan sayang dari kita, anaknya."
 ****

Sayang emak.. Sayang banget..

Maaf belum bisa jadi anak yang baik.
Maaf masih selalu ngelawan, apalagi masalah tentang kesukaan ngebolang,
[ saya cuma mau ngerasa jadi diri sendiri suatu waktu disaat ngebolang, tolong jangan terus didebatin, saya tahu Emak khawatir, tolong percaya saya bisa jaga diri dengan segala kelemahan saya, tolong percaya saya kuat Mak ]


 Maaf masih selalu kasar di suatu waktu.
Maaf kadang suka nyari alasan untuk tidak mendengarkan segala keluh kesah Emak,
[ keluh kesah Emak buat saya sedih, ngerasa nggak berguna sama sekali. Jujur, saya bukan pendengar yang baik buat Emak, tindakan.. saya cuma mau bertindak buat bahagiain Emak ! nggak mau denger hal laen yang menyedihkan, jadi saya nggak mau pikiran saya buat bahagiain Emak kecampur sama rasa sedih, karena sedih itu buat saya lemah dan nggak semangat lagi *karena merasa belum berguna sama sekali* ]

Maaf belum bisa selalu ngasih apapun yang mau Emak beli dan dibutuhin banget.
Maaf belum bisa bawa Emak ke tempat paling indah di dunia,
[ saya masih terus berjuang Mak, buat jadi orang yang punya duit banyak, dengan cara saya, yang masih terus diusahakan dengan cara halal. Buat lunasin hutang, biarpun dengan istilah gali lobang tutup lobang. Saya terus berjuang buat jadi orang kaya, hal yang paling nggak pernah saya mau sama sekali, karena saya terlalu suka dengan "sederhana dan cukup". Dan penghinaan mereka terhadap Emak, yang buat saya harus menjadi orang kaya, orang yang berambisi, saya harus bisa mengharumkan nama baik Emak, suatu saat nanti ! ]

Maaf kadang masih berfikir untuk jadi orang jahat,
[ Lelah.. bolehkan Mak, sekali-kali saya ngerasa lelah ? memikirkan berbagai cara pintas, yg bisa langsung menyelesaikan segala masalah-masalah keluarga kita. "Hmm.. sepertinya bagus menjadi begitu" itu yang kadang suka sekedar mampir di pikiran saya Mak, maaf ]

Maaf terkesan nggak peduli sama sekali.
Maaf kita jarang banget bicara setelah anakmu dewasa.
Maaf tiba-tiba amarah yang menjawab saat Emak nanya ini itu,
[ Sibuk.. yang mungkin suka saya buat sendiri, dengan berbagai alasannya, pekerjaan, pelajaran, badan capek, pusing, dan masalah lain, jadi saya lebih milih tidur ]

Maaf jarang sekali ada cerita dari anakmu ini,
[ Emak ingat ? saat saya pernah sekali waktu ingin cerita tentang segala hal ? Emak sibuk, dan saya mengerti saat itu, semua buat kepentingan saya kan ? pastinya. Karena itu saya putusin nggak mau terlalu banyak cerita "lagi" ke Emak ]

Maaf masih suka menyalahkan Emak karena masa lalu,
[ Saya kesal, saya marah !! Harusnya saya bisa belajar di Universitas yang saya mau, harusnya saya sudah berhenti bekerja di tempat kerja yang selalu buat saya depresi tiap hari, harusnya Emak dengerin saya buat nggak terlalu baik sama orang-orang jahat dan nggak usah nolong orang-orang itu yang sekarang kabur lah dan malah Emak yang dimaki, harusnya saya bisa main musik yg saya suka dengan masuk les musik itu, harusnya saya masuk jurusan sekolah yang saya mau dari dulu, harusnya saya bisa lakuin apa yang saya mau sesuai bakat dan kemampuan saya, harusnya Emak dengerin saya dulu.. Karena jika..jika..jika itu................ ah sudahlah ]

Maaf kadang masih sering berbohong.
Maaf saya seorang homoseksual,
[ Tenang, saya pasti menikah, saya pasti ngasih Emak beberapa orang cucu ]

Maaf buat segala hal kecil atopun besar lain yang saya nggak pernah sadar ternyata udah nyakitin Emak.
Maaf banget, maaf buat seumur hidup saya dan juga Emak.

Saya sayang Emak, sayang banget..

..joeya..


*mohon dimaafkan jika publikasi tulisan ini tanpa seizin si penulis asli (Joeya).. harap dimaafkan kekasihmu ini ya sayang... *sungkem



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer